Semua Koleksi
Investasi Otomatis
Portfolio Strategy
Bagaimana dan kapan portofoli saya akan diseimbangkan?
Bagaimana dan kapan portofoli saya akan diseimbangkan?
M
Ditulis oleh Mario
Diperbarui lebih dari satu minggu yang lalu

Portofolio reksa dana Anda secara otomatis akan diseimbangkan kembali seiring bertambahnya usia, perubahan profil risiko dan perubahan kondisi pasar yang bergerak sedemikian rupa sehingga alokasi aset Anda menjadi tidak ideal dan melenceng dari alokasi portofolio optimal.

1. Ketika melakukan pembelian reksa dana Jika sebelumnya Anda telah membeli reksa dana rekomendasi PINA, namun alokasi portofolio Anda saat ini berbeda dengan target alokasi optimal Anda, maka ketika Anda melakukan pembelian, secara otomatis PINA akan membantu melakukan auto-rebalancing supaya lebih mendekati portofolio optimal.

2. Ketika melakukan penjualan reksa dana Ketika Anda melakukan penjualan reksa dana rekomendasi PINA, Anda cukup memasukkan nominal yang ingin Anda jual. PINA akan otomatis menentukan berapa unit di masing-masing reksa dana yang sebaiknya dijual supaya portofolio Anda tetap optimal atau mendekati optimal.

Satu hal yang perlu dicatat adalah, PINA tidak akan melakukan pembelian atau penjualan secara otomatis terhadap reksa dana di portofolio investor. Tapi, PINA hanya akan memberikan notifikasi tentang bagaimana komposisi portofolio yang ideal (optimal) sesuai profil risiko. Eksekusi pembelian maupun penjualan tetap di tangan investor.

Apakah pertanyaan Anda terjawab?